Selasa, 06 Januari 2015

Pemasaran



Pengertian Pasar dan Pemasaran
Pengertian Pasar :
                Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang – orang dengan imbalan uang.
Pengertian Pemasaran :
                Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

Jenis – Jenis Pasar
Jenis Pasar menurut bentuk kegiatannya
·         Pasar Nyata : Pasar dimana barang – barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli.
·         Pasar Abstrak : Pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang – barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangnya saja.
Jenis Pasar menurut cara transaksinya
·         Pasar Tradisional : Pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar-menawar secara langsung.
·         Pasar Modern : Pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan dengan layanan sendiri.
Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi
·         Pasar Lokal
·         Pasar Daerah
·         Pasar Nasional
·         Pasar Internasional

Konsep – Konsep Inti Pemasaran
·         Kebutuhan, Keingin dan Permintaan
·         Produk (Barang, Jasa, dan Gagasan)
·         Nilai, Biaya, dan Kepuasan
·         Pertukaran dan Transaksi
·         Hubungan dan Jaringan
·         Pasar
·         Pemasar dan Calon Pembeli


Manajemen Pemasaran
Keadaan Permintaan dan Tugas Pasar
·         Permintaan Negatif : Sebuah pasar berada dalam status permintaan negatid jika sebagian besar pasar tidak menyukai produk tertentu dan bahkan bisa saja membayar untuk mencegahnya.
Tugas Pemasaran : menganalisa mengapa pasar tidak menyukai produk tersebut.
·         Permintaan Nol : Konsumen tidak sadar atau tidak tertarik pada produk tertentu.
Tugas Pemasaran : menemukan cara untuk menghubungkan manfaat produk tersebut dengan kebutuhan minat alami seseorang.
·         Permintaan Laten : Banyaknya konsumen yang memiliki kebutuhan yang kuat yang tidak dapat dipuaskan oleh produk yang sudah ada.
Tugas Pemasaran : mengukur ukuran pasar potensial dan mengembangkan produk.
·         Permintaan Menurun : cepat atau lambat, setiap usaha akan menghadapi permintaan yang menurun pada satu atau lebih produknya.
Tugas Pemasaran : membalikan arah penurunan permintaan melalui pemasaran ulang yang kreatif.
·         Permintaan tidak teratur : terdapatnya permintaan yang berubah – ubah secara musiman atau harian bahkan setiap jam, sehingga menimbulkan masalah kelebihan atau kekurangan kapasitas.
Tugas Pemasaran : mencari jalan untuk mengubah pola permintaan yang sama melalui penetapan harga yang fleksibel.
·         Permintaan Penuh
Tugas Pemasaran : mempertahankan tingkat oermintaan saat ini.
·         Permintaan Berlebihan : Keadaan dimana permintaan lebih besar daripada penawaran.
·         Permintaan tak bermanfaat
Falsafah Manajemen Pemasaran
·         Konsep Produksi : Falsafah yang menyatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dan selaras dengan kemampuan.
·         Konsep Produk : Gagasan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu.
·         Konsep Penjualan : Gagasan bahwa konsumen tidak akna membeli cukup produk perusahaan, kecuali jika perusahaan tersebut melakukan upaya-upaya penjualan.
·         Konsep Pemasaran : Falsafah manajemen pemasaran yang menyatakan bahwa pencapaian tujuan-tujuan organisasional bergantung pada penetapan kebutuhan dan keinginan dari pasar sasaran.
·         Konsep Pemasaran Kemasyarakatan : Gagasan bahwa organisasi sebaiknya menentukan kebutuhan keinginan dan minat dari pasar sasaran dan mengirimkan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif.

Bauran Pemasaran
                Pengertian Produk
                                Dalam bisnis, Produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan. Dalam marketing, produk adalah apapun yang bisa ditawarkan kesebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan. Dalam manufaktur, produk dibeli dalam bentuk barang mentah dan dijual sebagai barang jadi.
                Pengertian Harga
                                Harga adalah suatu nilai tukar uang bisa disamakan dengan uang atau barang lain untuk manfaat yang diperoleh sari suatu barang atau jasa bagi seseorang atau kelompok pada waktu tertentu. Istilah harga digunakan untuk memberikan nilai financial pada suatu produk barang atau jasa.
                Pengertian Saluran Distribusi
                                Saluran distribusi adalah seperangkat lembaga yang melakukan semua kegiatan (fungsi) pemindahan barang dari tangan produsen ke tangan konsumen akhir.
Pengertian Promosi
                Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
                               
Tujuan Sistem Pemasaran
·         Memaksimalkan Konsumsi
Kegiatan pemasaran yang telah dijalankan seharusnya dapat merangsang terjadinya konsumsi maksimal yang pada gilirannya akan menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran.
·         Memaksimalkan Kepuasan Konsumen
Pada umumnya kalau kinerja/hasil dibawah harapan konsumen akan kecewa atau merasa tidak puas. Kalau kinerja/hasil sama dengan apa yang diharapkannya konsumen akan merasa puas.
·         Memaksimalkan Pilihan
Sistem pemasaran juga dipercaya akan menyebabkan timbulnya beranekaragaman produk, baik itu produk dan satu produsen, maupun produk dan para pesaing. Degan adanya beraneka ragam produk maka konsumen memiliki kekuatan adu tawar yang lebih tinggi.
·         Memaksimalkan Kualitas Hidup
Tujuan pemasaran yang meningkatkan kualitas hidup merupakan tujuan yang bernilai bagi sistem pemasaran. Dengan adanya sistem pemasaran, kualitas, persediaan,dan harga barang akan lebih berkembang yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan atau kualitas hidup masyarakat.

Pendekatan dalam Mempelajari Pemasaran
·         Pendekatan Serba Barang (Commodity Approach)
Pendekatan ini merupakan pendekatan yang melibatkan studi bagaiman produk-produk tertentu berpindah dari produksen ke konsumen.
·         Pendekatan Institusi (Institutional Approach)
Pendekatan ini disebut juga pendekatan serba lembaga, dimana pendekatan ini mempelajari pemasaran dari segi organisasi atau lembaga-lembaga yang terlibat dalam kegiatan pemasaran.
·         Pendekatan fungsional (Fungtional Approach)
Jumlah dan macam fungsi in tergantung pada macam produk dan kebiasaan dalam perdagangan.
·         Pendekatan Manajerial (managerial Approach)
Mempelajari pemasaranberdasarkan pendapat manajer serta keputusan yang diambilnya.
·         Pendekatan sosial (social Approach)
Pendekatan sosial memberikan perhatian pada kontribusi sosial dan biaya yang timbul akibat aktifitas pemasaran, seperti efisiensi, keusangan produk, ataupun kebenaran iklan.

Sumber :
Id.m.wikipedia.org/wiki/pasar
Id.m.wikipedia.org/wiki/pemasaran
id.m.wikipedia.org/wiki/produk
id.m.wikipedia.org/wiki/Harga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar