Pengertian
Pasar dan Pemasaran
Pengertian Pasar :
Pasar
adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial
dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk
orang – orang dengan imbalan uang.
Pengertian Pemasaran :
Pemasaran
adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan
informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan
dan keinginan manusia.
Jenis – Jenis
Pasar
Jenis Pasar menurut bentuk kegiatannya
·
Pasar Nyata : Pasar dimana barang – barang yang
akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli.
·
Pasar Abstrak : Pasar dimana para pedagangnya
tidak menawar barang – barang yang akan dijual dan tidak membeli secara
langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangnya saja.
Jenis Pasar menurut cara
transaksinya
·
Pasar Tradisional : Pasar yang bersifat
tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar-menawar
secara langsung.
·
Pasar Modern : Pasar yang bersifat modern dimana
barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan dengan layanan sendiri.
Jenis Pasar menurut keleluasaan
distribusi
·
Pasar Lokal
·
Pasar Daerah
·
Pasar Nasional
·
Pasar Internasional
Konsep –
Konsep Inti Pemasaran
·
Kebutuhan, Keingin dan Permintaan
·
Produk (Barang, Jasa, dan Gagasan)
·
Nilai, Biaya, dan Kepuasan
·
Pertukaran dan Transaksi
·
Hubungan dan Jaringan
·
Pasar
·
Pemasar dan Calon Pembeli
Manajemen
Pemasaran
Keadaan
Permintaan dan Tugas Pasar
·
Permintaan Negatif : Sebuah pasar berada dalam status permintaan
negatid jika sebagian besar pasar tidak menyukai produk tertentu dan bahkan
bisa saja membayar untuk mencegahnya.
Tugas Pemasaran
: menganalisa mengapa pasar tidak menyukai produk tersebut.
·
Permintaan Nol : Konsumen tidak sadar atau tidak tertarik pada produk
tertentu.
Tugas Pemasaran
: menemukan cara untuk menghubungkan manfaat produk tersebut dengan kebutuhan
minat alami seseorang.
·
Permintaan Laten : Banyaknya konsumen yang memiliki kebutuhan yang kuat
yang tidak dapat dipuaskan oleh produk yang sudah ada.
Tugas Pemasaran
: mengukur ukuran pasar potensial dan mengembangkan produk.
·
Permintaan Menurun : cepat atau lambat, setiap usaha akan menghadapi
permintaan yang menurun pada satu atau lebih produknya.
Tugas Pemasaran
: membalikan arah penurunan permintaan melalui pemasaran ulang yang kreatif.
·
Permintaan tidak teratur : terdapatnya permintaan yang berubah – ubah
secara musiman atau harian bahkan setiap jam, sehingga menimbulkan masalah
kelebihan atau kekurangan kapasitas.
Tugas Pemasaran
: mencari jalan untuk mengubah pola permintaan yang sama melalui penetapan
harga yang fleksibel.
·
Permintaan Penuh
Tugas Pemasaran
: mempertahankan tingkat oermintaan saat ini.
·
Permintaan Berlebihan : Keadaan dimana permintaan lebih besar daripada
penawaran.
·
Permintaan tak bermanfaat
Falsafah
Manajemen Pemasaran
·
Konsep Produksi : Falsafah yang menyatakan bahwa
konsumen akan menyukai produk yang tersedia dan selaras dengan kemampuan.
·
Konsep Produk : Gagasan bahwa konsumen akan
menyukai produk yang menawarkan mutu.
·
Konsep Penjualan : Gagasan bahwa konsumen tidak
akna membeli cukup produk perusahaan, kecuali jika perusahaan tersebut
melakukan upaya-upaya penjualan.
·
Konsep Pemasaran : Falsafah manajemen pemasaran
yang menyatakan bahwa pencapaian tujuan-tujuan organisasional bergantung pada
penetapan kebutuhan dan keinginan dari pasar sasaran.
·
Konsep Pemasaran Kemasyarakatan : Gagasan bahwa
organisasi sebaiknya menentukan kebutuhan keinginan dan minat dari pasar
sasaran dan mengirimkan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif.
Bauran
Pemasaran
Pengertian Produk
Dalam bisnis, Produk adalah barang atau jasa yang
dapat diperjualbelikan. Dalam marketing, produk adalah apapun yang bisa
ditawarkan kesebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan.
Dalam manufaktur, produk dibeli dalam bentuk barang mentah dan dijual sebagai
barang jadi.
Pengertian Harga
Harga adalah
suatu nilai tukar uang bisa disamakan dengan uang atau barang lain untuk
manfaat yang diperoleh sari suatu barang atau jasa bagi seseorang atau kelompok
pada waktu tertentu. Istilah harga digunakan untuk memberikan nilai financial
pada suatu produk barang atau jasa.
Pengertian Saluran Distribusi
Saluran
distribusi adalah seperangkat lembaga yang melakukan semua kegiatan (fungsi)
pemindahan barang dari tangan produsen ke tangan konsumen akhir.
Pengertian Promosi
Promosi adalah
upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan
menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya
promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Tujuan Sistem
Pemasaran
·
Memaksimalkan Konsumsi
Kegiatan pemasaran yang telah dijalankan seharusnya dapat merangsang
terjadinya konsumsi maksimal yang pada gilirannya akan menciptakan produksi,
kesempatan kerja, dan kemakmuran.
·
Memaksimalkan Kepuasan Konsumen
Pada umumnya kalau kinerja/hasil dibawah harapan konsumen akan kecewa
atau merasa tidak puas. Kalau kinerja/hasil sama dengan apa yang diharapkannya
konsumen akan merasa puas.
·
Memaksimalkan Pilihan
Sistem pemasaran juga dipercaya akan menyebabkan timbulnya
beranekaragaman produk, baik itu produk dan satu produsen, maupun produk dan
para pesaing. Degan adanya beraneka ragam produk maka konsumen memiliki
kekuatan adu tawar yang lebih tinggi.
·
Memaksimalkan Kualitas Hidup
Tujuan pemasaran yang meningkatkan kualitas hidup merupakan tujuan yang
bernilai bagi sistem pemasaran. Dengan adanya sistem pemasaran, kualitas,
persediaan,dan harga barang akan lebih berkembang yang pada akhirnya akan
meningkatkan kesejahteraan atau kualitas hidup masyarakat.
Pendekatan
dalam Mempelajari Pemasaran
·
Pendekatan Serba Barang (Commodity Approach)
Pendekatan ini merupakan pendekatan yang melibatkan studi bagaiman
produk-produk tertentu berpindah dari produksen ke konsumen.
·
Pendekatan Institusi (Institutional Approach)
Pendekatan ini disebut juga pendekatan serba lembaga, dimana pendekatan
ini mempelajari pemasaran dari segi organisasi atau lembaga-lembaga yang
terlibat dalam kegiatan pemasaran.
·
Pendekatan fungsional (Fungtional Approach)
Jumlah dan macam fungsi in tergantung pada macam produk dan kebiasaan
dalam perdagangan.
·
Pendekatan Manajerial (managerial Approach)
Mempelajari pemasaranberdasarkan pendapat manajer serta keputusan yang
diambilnya.
·
Pendekatan sosial (social Approach)
Pendekatan sosial memberikan perhatian pada kontribusi sosial dan biaya
yang timbul akibat aktifitas pemasaran, seperti efisiensi, keusangan produk,
ataupun kebenaran iklan.
Sumber :
Id.m.wikipedia.org/wiki/pasar
Id.m.wikipedia.org/wiki/pemasaran
id.m.wikipedia.org/wiki/produk
id.m.wikipedia.org/wiki/Harga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar