Minggu, 11 Januari 2015

Akuntansi dan Laporan Keuangan



Definisi Akuntansi
Akuntansi adalah suatu sistem informasi yang mengidentifikasikan, mencatat, dan mengomunikasikan peristiwa – peristiwa ekonomi dari suatu organisasi kepada para pengguna yang berkepentingan.
Fungsi Akuntansi
Fungsi yang paling utama akuntansi di suatu perusahaan adalah untuk mengetahui informasi tentang keuangan yang ada di perusahaan tersebut. Dari suatu laporan akuntansi kita dapat melihat perubahan keuangan perusahaan yang terjadi di perusahaan, entah itu rugi maupun untung.
Pihak – Pihak yang Berkepentingan
                Pihak Internal :
·         Manajer Pemasaran
·         Supervisor Produksi
·         Direktur Keuangan
·         Pejabat Perusahaan
Pihak Eksternal :
·         Investor
·         Kreditor
·         Badan Perpajakan
·         Badan – Badan Pembuat Peraturan
·         Pelanggan
·         Serikat Pekerja
·         Perencana Ekonomi
Prinsip Akuntansi
·         Generally Accepted Accounting Principles – GAAP : Standar – Standar ini mengatur bagaimana peristiwa – peristiwa ekonomi dilaporkan
·         Financial Accounting Standards Boards – FASB : Standar ini menyusun pelaporan secara luas untuk aplikasi umum sekaligus juga aturan – aturan akuntansi yang spesifik
Pengertian Laporan Keuangan
                Laporan Keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut.
Isi Laporan Keuangan
·         Laporan Laba Rugi : menyajikan pendapatn dan beban serta laba atau rugi bersih yang dihasilkan selma suatu periode
·         Laporan Ekuitas Pemilik : Merangkum perubahan yang terjadi pada ekuitas pemilik selama satu periode waktu tertentu
·         Neraca : melaporkan Aset, kewajiban dan ekuitas pemilik pada tanggal tertentu
·         Laporan Arus Kas : merangkum seluruh informasi mengenai arus kas masuk dan arus kan keluar untuk periode waktu tertentu.
Bentuk Neraca
·         Bentuk Neraca Staffel ( Refort Form ): neraca ini dilaporkan satu halaman bertikal. Disebelah atas dicantumkan total aktiva dan di bawahnya disajikan pos kewajban dan pos modal.
·         Bentuk Neraca Skontro ( Account Form ) : Disini aktiva disajikan disebelah kiri dan kewajiban serta modal ditempatkan di sebelah kanan sehingga penyajiannya sebelah – menyebelah.
·         Bentuk yang menyajikan posisi keuangan (Financial Position Form) : Posisi keuangan tidak dilaporkan seperti dalam bentuk sebelumnya yang berpedoman pada persamaan akuntansi.
Laporan Laba Rugi
Laporan Laba Rugi merupakan laporan mengenai pendapatan dan beban-beban suatu perusahaan selama periode tertentu. Laporan laba rugi juga merupakan tujuan utama untuk mengukur tingkat keuntungan dari perusahaan dalam suatu periode tertentu. Hasil dari akhir suatu laporan laba rugi adalah keuntungan bersih atau kerugian.
Bentuk Laporan Laba Rugi
·         Bentuk Single Step : Semua pendapatan dikelompokan tersendiri di bagian atas dan dijumlahkan, kemuadian semua beban dikelompokan tersendiri di bagian bawah dan dijumlahkan.
·         Bentuk Multi Step : Pendapatan dibedakan menjadi pendapatan usaha dan pendapatan lain – lain, demikian halnya dengan beban dibedakan menjadi beban usaha dan beban lain – lain.
Tujuan Laporan Keuangan
Menyediakan infomasi yang menyangkut posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat besar bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambil keputusan ekonomi serta menunjukan kinerja yang telah dilakukan manajemen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar