Selasa, 06 Januari 2015

Manajemen dan Organisasi



Manajemen
Pengertian dan peranan manajemen
Pengertian manajemen
                Kata manajemen berasal dari bahasa perancis kuno yaitu menagement yang artinya seni melaksanakan dan mengatur.
Istilah manajemen mengandung tiga pengertian yaitu :
·         Manajemen sebagai suatu proses
·         Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen
·         Manajemen sebagai suatu seni (art) dan sebagai suatu ilmu pengetahuan (science)
Menurut G.R Terry manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan ataupengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata.
Menurut Mary Parker Follet manajemen adalah suatu seni untuk melaksanakan suatupekerjaan melalui orang lain.
Peranan Manajemen
·         Sebagai penghubung seseorang dengan orang lain
·         Sebagai informasi atau pengatur informasi yang dimilik baik yang berasal dari dalam maupun dari luar
·         Peran dalam membuat keputusan yang baik yang ditentukan sendiri maupun yang dihasilkan bersama pihak lain

Latar belakang sejarah manajemen
Sejarah perkembangan manajemen tidak jauh berbeda dengan perkembangan manusia itu sendiri. Artinya, dalam manajemen telah berlangsung sejak manusia itu berada di bumi ini, seiring dengan perkembangan dan tutuan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada zaman pura atau zaman batu, manusia juga menggunakan keterampilan dan keahliannya untuk membuat alat-alat dari batu guna merealisasiakn tujuan hidupnya. Manajemen kemudian berkembang sesuai dengan perkembangan keahlian serta pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh oleh manusia itu. Pengetahuan serta teknologi (IPTEK) terus tumbuh dan berkembang. Pertumbuhan itu juga sekaligus mengembangkan keterampilan manajemen umat manusia.

Fungsi dan proses manajemen
Fungsi manajemen
·         Perencanaan (planning) adalah Memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki.
·         Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil.
·         Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untu mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.
·         Leading adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah atau intruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing.
·         Motivating merupakan salah satu fungsi manajemen berupa pemberi inspirasi, semangat dan dorongan kepada bawahan.
·         Coordinating merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan.
·         Controling merupaka salah satu fungsi manajemen yang berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar.
·         Reporting adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan mengenai segala al yang bertalian dengan tugas.
·         Staffing merupakan salah satu fungsi manajemen berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja sampai dengan usaha agar setiap tenaga memberi daya guna maksimal kepada organisasi.
Proses Manajemen
Proses manajemen adalah daur beberapa gugusan kegiatan dasar yang berhubungan secara integral, yang dilaksanakan di dalam manajemen secara umum, yaitu proses perencanaan, proses pengorganisasian, proses pelaksanaan dan proses pengendalian, dalam rangka mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
·         Proses perencanaan meliputi gagasan bahwa manajemen mengantisipasi berbagai kondisi seperti peluang dan kendala di masa depan
·         Proses pengorganisasian berarti menempatkan orang dan prasarana serta sarana dan sumberdaya dalam suatu tata-hubungan yang kondusif untuk bekerja sama menuju sasaran bersama
·         Proses pelaksanaan meliputi pemberian arahan, perintah kerja, dorongan dan motivasi kerja, serta pemecahan masalah
·         Proses pengendalian adalah membandingkan apa yang seharusnya terjadi dengan apa yang telah terjadi

Ciri-ciri manajer yang profesional
·         selalu bekerja keras untuk memenangkan rasa hormat dari anak buahnya.
·         Menghargai anak buahnya secara sejajar, dan mencoba untuk memahami mereka sebagai individu.
·         Menyadari bahwa hubungan dengan anak buahnya harus dalam bentuk hubungan yang memuaskan bagi kedua belah pihak dalam hal pekerjaan.
·         Secara aktif mendorong anak buahnya untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan anak buahnya.
·         Mendelegasikan pekerjaan dengan tepat agar supaya tujuan-tujuan perusahaan dapat tercapai secara objektif.
Keterampilan manajemen yang dibutuhkan
1.       Technical Skills (Keterampilan Teknis) adalah kemampuan untuk mengaplikasikan pengetahuan, metoda, atau teknik spesifik dalam bidang spesialisasi tertentu.
2.       Conceptual Skills(Keterampilan Konseptual) adalah kemampuan untuk memandang dan memahami suatu persoalan, suatu issue atau organisasi secara keseluruhan dan mengordinasikan serta memadukan semua bagian-bagian yang saling terkait untuk kepentingan organisasi.
3.       Soft Skill (Keterampilan Non-Teknis) adalah keterampilan mengelola diri sendiri dan bersosialisasi dengan orang lain yang didasarkan pada nilai-nilai yang dianut dalam kehidupan seseorang.

Organisasi
Definisi Organisasi
Organisasi dapat diartikan sebagai sebuha sistem yang terdiri dari sekumpulan individu terhadap pembagian kerja kelompok dalam rangka mewujudkan tujuan yang telah diciptakan secara sistematis dan struktural.

Pentingnya mengenal organisasi
                Agar dapat mencapai tujuan perusahaan yang kita punya bisa terlaksana dengan baik dan tau bagaimana cara mengatasi masalah-masalah yang ada di dalam perusahaan.

Bentuk – bentuk organisasi
·         Organisasi Garis : merupakan bentuk organisasi tertua, dan paling sederhana. Organisasi dengan jumlah karyawan sedikit dan pemiliknya merupakan pimpinan tertinggi didalam perusahaan yang mempunyai hubungan langsung dengan bawahannya.
·         Organisasi Garis dan Staff : ada dua kelompok orang-orang yang berpengaruh dalam menjalankan organisasi itu, yaitu : Orang yang melaksanakan tugas pokok dan orang yang melaksanakan tugasnya berdasarkan keahlian yang dimiliknya.
·         Organisasi Fungsional : merupakan suatu organisasi yang berdasarkan pembagian tugasnya serta kegiatannya pada spesialisasi yang dimiliki oleh pejabat-pejabatnya.
·         Organisasi Komite/Panitia : pendapat dari sekumpulan orang yang biasanya akan lebih baik dari pada hasil pemikiran satu orang.

Prinsip – prinsip organisasi
·         Perumusan Tujuan yang Jelas.
·         Pembagian Kerja.
·         Delegasi Kekuasaan.
·         Rentang Kekuasaan.
·         Tingkat Pengawasan.
·         Kesatuan Perintah dan Tanggung Jawab.
·         Koordinasi.

Keterampilan manajemen yang dibutuhkan
·         Keterampilan Konseptual : membuat konsep, ide, dan gagasan demi kemajuan organisasi.
·         Keterampilan Komunikasi : keterampilan berinteraksi secara baik dengan banyak orang.
·         Keterampilan Teknis : merupakan bekal agar lebih matang pada bidang yang ditangani.
·         Keterampilan Manajemen Waktu
·         Keterampilan Membuat Keputusan
·         Keterampilan Kepemimpinan

Sebab keberhasilan dan kegagalan organisasi
1.       Faktor Internal : faktor yang bersala dari dalam organisasi itu sendiri. Faktor ini dapat meliputi pemimpin dalam organisasi, pekerja (staf), cara pengaturan dan pengembangan organisasi.
2.       Faktor Eksternal : faktor yang berasal dari luar yang kerap kali ikut mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan suatu organisasi.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar